Senin, 12 Mei 2014

Merenungi Makna dari Kalimat Tauhid "Laa Ilaaha Illallaahu"

Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam masih menjadi kebanggan tersendiri terlebih bagi masyarakat yang terkesan hanya menikmati keislaman yang diwariskan secara turun temurun. Islam jika kita tinjau dari makna kebahasaannya berarti menyerahkan diri. Secara terminologi Islam berarti menyerahkan diri seutuhnya kepada Allah Tuhan dan penguasa alam semesta ini. Dalam artian, semua yang kita lakukan dan kita lewati semuanya atas kendali dan izin dari Allah Swt. Terkadang mereka yang berbangga dengan keislamannya pun belum mampu menyadari hakikat dari makna Islam tersebut.

Kebanyakan dari kita ketika ditimpakan kepada suatu persoalan dan sudah tidak mampu menyelesaikan persoalan dengan logika dan kekuatan kita, barulah kita sadar jika sebenarnya ada suatu kekuatan yang lebih kuat ketimbang diri kita ini. Kekuatan inilah yang sering kita sebut dengan "tuhan", itulah tuhan yang sering kita sebut namaNya tapi jarang kita akui eksistensiNya kecuali ketika kita ditimpakan suatu musibah yang tidak mampu kita lewati.

Dalam Islam ada kalimat tauhid yang berbunyi Laa Ilaaha Illallahu "Tidak ada Tuhan selain Allah", Kata Laa pada kalimat tauhid tersebut merupakan laa Nafi tidak ada, ilaaha Tuhan, Illa Artinya Kecuali dan Allahu berarti Allah Swt. Jika kita memaknai dan kita resapi secara mendalam kalimat tauhid tersebut mempunyai makna tidak ada Tuhan (Baik tuhan yang diakui oleh orang lain ataupun ego, sombong dan angkuh yang merupakan attribute ketuhanan) kecuali (yang ada) hanyalah Allah Swt (Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta menciptakan segala isinya dan semua mengikuti titahnya termasuk kita). Artinya kita sebagai orang yang sukses bukanlah kita yang menjadikan kita sukses, kita yang menjadi kaya bukan keahlian kita yang mengantarkan kita kepada kekayaan tersebut dan seterusnya, Tetapi hakikatnya semua hanyalah Allah Swt yang membuat kita menjadi orang sukses atau orang kaya sekalipun.

Kekayaan yang ada pada kita saat ini merupakan titipan dariNya yang pada suatu saat nanti akan dimintai pertanggungjawaban, ya pertanggungjawaban kemana harta titipan itu dibawa? untuk bermaksiat atau beribadah kepadaNya? Jika semua titipan tersebut digunakan sebagai sarana beribadah kepadaNya sungguh ini akan menjadi suatu amal kebaikan yang mengantar pemiliknya menuju Surga yang penuh kenikmatan. Tapi sebaliknya, jika harta tersebut digunakan sebagai sarana bermaksiat ini akan menyebabkan si pemiliknya disiksa selamanya dalam Neraka yang menyala-nyala.

Beberapa Keutamaan Kalimat Tauhid

1. MENGHAPUS EMPAT RIBU DOSA BESAR
Diantara keutamaan membaca kalimat Tauhid adalah dapat menghapus empat ribu macam dosa-dosa besar, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dalam kitab Imam As-Sanusiy sebagai berikut :
أَنَّ مَنْ قاَلَ لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَمَدَّهاَ هَدَمَتْ لَهُ أَرْبَعَةُ آلاَفِ ذَنْبٍ مِنَ الكَباَئِرِ
Artinya :
“Sesungguhnya barang siapa membaca kalimat Tauhid لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ dan memanjangkannya, maka baginya akan dihapus empat ribu macam dosa besar”.
Pada saat itu para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, lalu bagaimana apabila satupun dia tidak memiliki dosa besar ?”, Rasulullah menjawab ; “Maka yang dihapuskan empat ribu macam dosa besar adalah keluarga dan para tetangganya”. 

Dalam membaca panjang kalimat Tauhid, para Ulama mengajarkan sebagai berikut :
a. Ketika melafalkan LA dan bibaca lebih panjang sambil kepala berpaling ke sebelah kanan dan hati menghayati artinya yaitu “tidak ada”.
b. Ketika melafalkan ILAHA sambil kepala bergerak ke bagian tengah dan hati menghayati artinya yaitu “Tuhan yang wajib disembah”.
c. Ketika melafalkan ILLALLAH sambil kepala berpaling kesebalah kiri dan hati menghayati artinya yaitu “melainkan Allah”.
d. Setelah nya, dihadirkan dalam hati kalimat  مُحَمَّدُ رَسُوْلُ اللهِ  sambil menghayati artinya yaitu “Muhammad adalah utusan Allah”. Hal ini untuk membedakan cara membaca kalimat Tauhid dengan umat terdahulu sebelum baginda Nabi Muhammad, karena umat dahulu membaca kalimat Tauhid tanpa diringi مُحَمَّدُ رَسُوْلُ اللهِ .

2. PEMBACANYA DIJAGA DARI SEMBILAN PULUH SEMBILAN PINTU MUSIBAH
Diantara keutamaan membaca kalimat Tauhid adalah dapat melindungi pembacanya dari sembilan puluh sembilan pintu musibah, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu ‘Asaakir yang diterima dari Imam Ibnu Abbas, yaitu sebagai berikut :

إِنَّ قَوْلَ لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ تَدْفَعُ عَنْ قاَئِلِهاَ تِسْعَةَ وَتِسْعِيْنَ باًباً مِنَ البَلاَءِ أَدْناَهاَ الهَمُّ .
Artinya :
Sesungguhnya bacaan kalimat tauhid لآ إِلَهَ إِلاَّ الله akan menjaga atau melindungi para pembacanya dari sembilan puluh sembilan macam pintu musibah, dan musibah yang paling rendah adalah mengalami keresahan”.

Sungguh luar biasa, hanya membaca satu kali saja akan menjaga dan melindungi pembacanya dari sembilan pulu sembilan macam musibah yang berat, kecuali kematian, seperti musibah kebakaran, musibah banjir, tanah longsor dll. paling rendah adalah resah atau bingung.

Apabila timbul pertanyaan, “Mengapa musibah tetap datang dan menimpa, sedangkan mereka sering sekali membaca kalimat tauhid ?”
Ingat !, dalam hal ini terdapat beberapa faktor penyebab musibah itu menimpa, diantaranya :
a. Membaca dua kalimat tauhid dalam keadaan lalai kepada Allah Swt, atau
b. Pembaca kalimat tauhid tidak meyakini terdapat keutamaan tersebut, atau
c. Dia melakukan suatu dosa, yang cara menghapuskan dosa tersebut adalah hanya dengan menimpakan musibah itu.

Keutamaan kalimat Tauhid mustahil dusta atau hanya isapan jempol semata, karena demikian itu ajaran Allah Swt. Manusia harus sering intropeksi dan memeriksakan diri keadaan rohani dirinya kepada para Ulama yang ahli agama yang selalu memperhatikan tatakrama dalam agama Islam.

Semoga Bermanfaat!!!

Muhammad
Ketua Lembaga Tuuba Indonesia 
Contact Person : 085776198625

Download Artikel Islami Versi PDF (Gratis)

Buletin Tuntas Buta Aksara Al-Qur'an (Tuuba) 18 April 2014 versi PDF disini
Buletin Tuntas Buta Aksara Al-Qur'an (Tuuba) 25 April 2014 versi PDF disini
Buletin Tuntas Buta Aksara Al-Qur'an (Tuuba) 2 Mei 2014 versi PDF disini
Buletin Tuntas Buta Aksara Al-Qur'an (Tuuba) 9 Mei 2014 versi PDF disini

Promo DVD Anak Sholeh Tontonan Edukasi Anak Muslim Indonesia [Klik Disini ]


0 komentar:

Posting Komentar

Anda Dapat Mengirimkan Komentar dan Pertanyaan Seputar Al-Qur'an. Seluruh Pertanyaan dan Jawaban akan ditampilkan pada Buletin Tuuba (تُوْبَي) Edisi Selanjutnya.