Rabu, 02 April 2014

Memungut Al-Qur'an yang Ditelantarkan


Berapa banyak umat islam yang telah melupakan kitab sucinya, menelantarkan dan bangga bila tidak bisa membacanya. Padahal sebagian dari sanalah syariat dan pokok ajaran islam dijelaskan secara terperinci. Sehingga Al-Qur'an menjadi landasan utama dalam pengambilan hukum islam.

Begitu banyak orang yang belum mampu membaca Al-Qur'an, tetapi mengabaikan keinginan untuk mempelajarinya karena kesibukannya untuk mencari penghidupan dunianya. Tidak mengherankan banyak orang kaya ketika ada keluarganya yang meninggal mereka rela membayar jutaan rupiah bahkan puluhan juta untuk menyewa orang-orang untuk mengkhatamkan Al-Qur'an karena diantara keluarganya belum ada yang mampu membaca Al-Qur'an. Jangankan untuk mengkhatamkan selembar pun belum tentu bisa, Sangat menyedihkan bukan?

Beruntung jika kita dibesarkan orangtua yang mampu dan mau memperhatikan pendidikan agama untuk anak-anaknya sehingga kita mampu dan bisa membaca Al-Qur'an meskipun belum fasih betul. Tulisan ini bukan untuk menceramahi kita tapi ajakan kepada kebaikan agar sama-sama kelak kita dapat masuk surgaNya Allah Swt. Amiin

Bagaimana Al-Qur'an akan menolong dan memberi syafa'at kepada kita di hari kiamat sementara kita tak pernah membacanya di dunia? Akankah Al-Qur'an mengenal kita di akhirat, sementara kita tidak pernah berusaha mengenal huruf-huruf dan membacanya di dunia?

Jangan bangga jika belum bisa membaca Al-Qur'an karena kita telah kehilangan satu lagi penyelamat dan pemberi syafaat di akhirat.

Kebanyakan orang berbangga hati jika mempunyai anak dengan jabatan tertentu dan bisa memberikan harta yang melimpah kepadanya tetapi mengabaikan pendidikan agama kepada anak-anaknya, sehingga jika orangtuanya meninggal tidak ada satupun dari anak-anaknya tersebut yang mampu mendo'akannya. Apakah orang yang sudah meninggal dan terkujur kaku dalam kuburan masih membutuhkan uang? 

Semoga tulisan ini menjadi bahan renungan untuk kita semua agar tidak mengabaikan ajaran dan pendidikan agama untuk anak-anak kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Anda Dapat Mengirimkan Komentar dan Pertanyaan Seputar Al-Qur'an. Seluruh Pertanyaan dan Jawaban akan ditampilkan pada Buletin Tuuba (تُوْبَي) Edisi Selanjutnya.