Sabtu, 19 April 2014

Sifat Jahat dan Baik Menurut Al-Qur'an

Ketika membaca surah Al-Syams, terdapat suatu kesan yang hampir setiap saat mengesankan bahwa sebenarnya kita sebagai manusia hanya benar-benar tunduk dalam genggaman Allah Swt. Mungkin kita pernah bertanya “Mengapa Allah Swt menciptakan orang baik dan jahat? Bukankah jika menghendaki, maka Allah Swt dengan mudah mampu menciptakan semua manusia baik dan beriman kepadaNya. Ternyata, jawaban yang sangat jelas kita dapatkan dalam ayat berikut ini yang terdapat dalam surah Al-Syams  Allah Swt berfirman:
  
Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan Sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya. (Surah: Al-Syams 8-10).

Ayat ini menjelaskan bahwa potensi kebaikan dan kejahatan sebenarnya telah tertanam dalam diri setiap orang, baik itu orang baik maupun orang jahat. Secara gamblang kita gambarkan, meskipun kita sebenarnya orang baik tidak menutup kemungkinan untuk melakukan suatu kebodohan serta kejahatan yang akan mengabaikan semua potensi kebaikan yang telah tertanam dalam diri kita selama ini disertai dengan image dan pandangan masyarakat yang memandang kita sebagai orang baik-baik. Tetapi sebaliknya, potensi Taqwa (baik) juga ada pada diri setiap orang meskipun itu orang jahat sekalipun, dengan potensi itulah yang mengakibatkan seorang penjahat kelas kakap kemudian bertaubat dan memulai hidup menjadi orang baik-baik.


Maka selalu berdo’a dan berharap agar Allah Swt mencurahkan segenap rahmat dan kasihsayangNya agar kita dapat dijauhi dari sifat (fujur) jahat dan menjadikan kita sebagai insan dan pribadi (Baik) atau bertaqwa kepadaNya. Karena tanpa pertolongan dan rahmat Allah Swt mustahil kita akan menjadi orang baik, rajin sholat, rajin shodaqah dan menjadi hamba yang bertaqwa kepadaNya. Jadi, Tanpa pertolongan dan ma'unah dariNya jadi apakah kita sekarang? Wallahu A'lam Bishshowab

Buletin Tuntas Buta Aksara Al-Qur'an (Tuuba) 18 April 2014 versi PDF disini
Buletin Tuntas Buta Aksara Al-Qur'an (Tuuba) 25 April 2014 versi PDF disini
Buletin Tuntas Buta Aksara Al-Qur'an (Tuuba) 2 Mei 2014 versi PDF disini
Buletin Tuntas Buta Aksara Al-Qur'an (Tuuba) 9 Mei 2014 versi PDF disini

0 komentar:

Posting Komentar

Anda Dapat Mengirimkan Komentar dan Pertanyaan Seputar Al-Qur'an. Seluruh Pertanyaan dan Jawaban akan ditampilkan pada Buletin Tuuba (تُوْبَي) Edisi Selanjutnya.